RESEP CARA MEMBUAT ES CINCAU DAN BERIKUT MANFAATNYA

Assalammualaikum, wr. wb

 dipostingan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat es cincau.
OK, sebelum topik kepembahasan  saya akan berbincang-bincang dulu dengan anda agar tidak gerogi dan dapat menyimak topik pembahasan saya dengan baik dan benar supaya mendapatkan hasil yang sempurna nantinya,

nah yang pertama saya akan membahas tentang mamfaat daun cincau terlebih dahulu yang akan saya terangkan dibawah ini.
  • dapat menurunkan panas dalam
  • melancarkan buang air besar
  • mengobati diabetes melltinus
  • dapat mengobati radang lambung
  • mengobati penyakit hipertensi
  • mengobati keracunan sifut
  • mengobati sakit tipes
nah menurut keterangan diatas itu adalah manfaat daun cincu, yang saya sebutkan diatas hanyalah sebagian dan masih banyak lagi manfaatnya yang gak bisa saya sebutkan,
isi dari rangkuman manfaat daun cincau diatas akan saya jelaskan dibawah ini.

1.dapat menurunkan panas dalam
   daun cincau sangat manjur untuk mengobati panas dalam karna mengandung saponin dan manfaat
   antioksidan yang berperan untuk menurunkan panas dalam.
2.melancarkan  buang air besar
   daun cincau sangat berpengaruh untuk melancarkan buang air besar, karna terdapat zat-zat yang
   sangat bagus buat pencernaan tubuh kita.
3.mengobati diabetes melltinus
   daun cincau  memiliki kandungan senyawa berupa bisbenzilsokunolin dan krolifil yang bermanfaat
   untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. hal tersebut akan memperbaiki hormon insulin          
   pankreas dalam mengatur kadar gula darah.
4.dapat mengobati radang lambung
   kandungan vitamin C dan kandungan antioksidan dalam daun cincau akan membantu krolofil
   untuk mengatasi radang lambung yang dialami seseorang yang memiliki kelainan pada asam
   lambungnya. senyawa-senyawa tersebut, akan menguatkan dingding lambung untuk membunuh
   bakteri yang menyebabkan bakteri pada lambung.
5.mengobati penyakit hipertensi
   senyawa S-S tatandrin juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi, senyawa ini dapat
   menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar.
6.mengobati keracunan sifut
   makanan yang berasal dari laut memang sangatlah baik bagi tubuh, namun makanan seperti cumi
   dan udang dapat menimbulkan keracunan. senyawa antioksidan dapat mengobati orang yang
   keracunan sifut. untuk cara nya cukup dengan meremas daun cincau dan ditambahkan sedikit air
   minum kira kira cukup untuk 1 gelas, remas sampai air berwarna hijau dan saring hampasnya lalu
   minum kan air hasil remasaan daun cincau tersebut dan tunggu reaksinya.
7.mengobati sakit tipes
   senyawa tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan dari daun cincau dapat meningkatkan sistem
   imunitas tubuh bagi yang menderita penyakit tipes, komsumsi rebusan daun cincu setiap 3 x sehari

nah mengenai penjesan yang saya sebutkan diatas tentang manfaat daun cincau pasti anda ingin mencobanya, untuk yang mempunyai keluhan pada tubuh anda segeralah untuk mencobanya karna mengkomsumsi daun cincau dengan cara yang telah saya sebutkan diatas sangat baik sekali buat tubuh kita dan tidak terdapat efek samping yang dapat merugikan kita.

setelah penjelasan yang saya sebutkan diatas tentang manfaat daun cincau, sekarang saya akan membahas tentang cara membuat daun cincau menjadi jeli es atau  biasa disebut dengan es cincau, banyak orang menyukai es cincau tapi tidak tau tatacara membuatnya padahal sangat gampang sekali tetapi banyak orang berkata kesusahan membuat es cincau pada saat menjadikan air remasan daun cincau menjadi berbentuk jely oleh karna itu kita perlu membahasnya.
cara membuat es cincau      
 
OK, untuk membuat es cincau yang pertama anda harus lakukan adalah memetik daun cincau sesuai kebutuhan anda, setelah itu siapkan air panas untuk merebus daun cincau.

setelah daun cincau direbut pindahkan daun cincau ke air yang anget jangan yang panas setelah itu remas-remas daun cincau sampai air menjadi lendir dan berwarna hijau.

setelah selesai  diam kan dulu beberapa menit setelah itu anda ambil busa-busa yang berada diatasnya lakukan sampai benar-benar habis.

siapkan abu arang yang berasal dari kayu-kayu yang sudah terbakar untuk menjadikan air remasan daun cincau tadi menjadi jelly, cara nya dengan mengadukan abu secukupnya dengan air secukupnya.
yang anda harus ingat adalah peroses ini. jangan terlalu banyak menambahkan air abu karena dapat menjadikan cincau rapuh atau mudah ancur, cukup memasukan air abu secuknya saja dan jangan terlalu sedikit karena kalau terlalu sedikit air remasan daun cincau tadi tidak akan berubah menjadi jelly.
contoh: misalnya anda membuat es cincau berukuran air 5 liter, air abu arang yang anda masukan cukup setengah  gelas saya itu pun kalau mencampurkan air abu nya sedang kalau terlalu banyak abu atau sebaliknya mungkin hasilnya akan lain.

kalau sudah selesai biarkan dan tunggu air remasan daun cincau tadi menjadi jelly atau bisa disebut agar daun cincau, tunggu kira-kira sekitar 2 atau 3 jam, setelah itu perikasa kembali dan lihat hasilnya berhasil atau tidak,
ya kalau saya sih selalu berhasil mungkin karena ada faktor turunan barang kali,  karena kan bapak saya tukang jualan es cincau dan saya sering melihat peroses pembuatannya. bagi saya peribadi sih tidak sulit kalau bagi orang lain saya kurang tau tuh, tapi kalau ada kemauwan pasti ada jalan.

kalau sudah berhasil membuatnya anda tinggal membuat santan dan air gula lalu tambahkan es batu yang sudah diserut tapi kalau ga diserut pun tak apa anda cuku dengan menumbuknya dengan palu sampai es batu aga halus.

setelah semua peroses diatas dilaksanakan sekarang ada tinggal mencicipi hasil karya anda sendiri.

mungkin cuma itu saja yang saya bisa sampaikan kurang dan lebihnya saya atas diri pribadi, saya memohon maaf apabila ada salah kata atau ada kata-kata yang kurang enak dihati mohon dimaafkan.

untuk yang ingin bertanya atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikotak komentar postingan saya, dengan senanga hati insya ALLAH saya dapat membantu, akhir kata

wassalammualaikum wr.wb   
   

Post a Comment

0 Comments