resep cara membuat kue cake sederhana lembut dan mengembang

assalammualaikum wr.wb

seperti kita ketahui membuat kue cake itu tidak lah gampang kalau untuk membuat cake yang sempurna, pada dasarnya cake adalah makanan cemilan yang sangat digemari oleh orang tua dan anak-anak, tetapi apabiala membuatnya tidak sempurna cake yang dibuat tidak akan berasa lejat saat disantap nanti,
oleh karena itu membuat cake harus mempunyai keahlian khusus dan ketelitian.

nah untuk postingan kali ini saya akan membahas tentang tatacara membuat cake yang sempurna supaya dapat dimakan dengan rasa yang sepektakuler, ok langsung saja kepembahasannya,
membuat cake terlebih dahulu anda harus menyiapkan bahan-bahan nya dulu, dibawah ini bahan-bahan yang harus anda persiapkan.

  1. siapkan tepung terigu yang kandungan perotein rendah (cap kunci biru)untuk menhasilkan cake yang lembut.
  2. gunakan telur yang masih baru, kalau bisa yang baru turun dari ternak ayam untuk peroses pengembangan yang sempurna, bukan telur yang sudah disimpan beberapa hari didalam kulkas.
  3. untuk bahan cair cake anda bisa menggunakan air susu atau santan.
  4. untuk lemak cake anda bisa menggunakan minyak goreng atau minyak sayur, kalau anda ingin hasil yang lebih gurih anda bisa menggunakan margarin atau mentega cair, namun cake yang dihasilkan hanya lebih padat ketimbang memakai minyak.
  5. jika susah mendapatkan cream of tar-tar, anda bisa mengganti dengan air jeruk nipis atau jeruk lemon untuk mempertahankan agar putih telur tidak kempis.
  6. pastikan alat untuk mengocok putih telur bebas dari air dan lemak, lemak dan air yang menempel bisa menyebabkan putih telur tidak akan mengembang dan kaku.
  7. agar putih telur mengembang, masukan gula pasir sedikit demi sedikit kedalam putih telur yang sedang dikocok setengah kaku, kocok terus sampai gula pasir habis dan putih telur kaku.
  8. campurkan bahan cair dengan terigu sedikit demi sedikit agar adonan rata.
  9. saat mengaduk campuran terigu jangan terlalu kuat glten tidak berbentuk, jika glten sampai terbentuk bisa menyebabkan cake bantat.
  10. saat mencampur putih telur kocok dengan adonan terigu mengaduknya harus perlahan, rata dan jangan terlalu lama agar cake bisa menembang maksimal.
  11. untuk mengecek kematanga cake, anda bisa menggunakan lidi yang bersih dan tipis, jika lidi dimasukan kedalam adonan dan tidak ada adondn yang melekat berarti cake sudah matang pada saat mengecek biarkan cake tetap diatas rak oven.
  12. lepaskan loyang jika cake sudah benar-benar dingin agar cake tidak mengepis.
  13. agar tepi dan dasar cake rata permukaannya, saat meneluarkan cake gunakan bantuan pisau yang panjang dan tipis, 


begitulah resep cara membuat cake semoga bermanfaat bagi anda.
mungkin cukup sekian dari saya semoga anda dapat melakukannya denagan benar.
   

Post a Comment

0 Comments